"YAYASAN AISYIYAH" TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL TAHUNAN JEPARA

Komplek Masjid Al-Istiqomah

Dk. Randusari RT.02 RW.01 Tahunan Jepara

Tlp.08282656641,081575714417

Jumat, 14 Mei 2010

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL TAHUNAN

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA
TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL TAHUNAN


Muhammadiyah/Aisyiyah Ranting Tahunan terbentuk pada tahun 1964, diadakan pengajian rutin setiap hari Senin malam Selasa di rumah Bapak Jayadirejo. Dalam setiap pengajian selalu dibahas mengenai kegiatan-kegiatan lain yang harus diadakan di ranting Muhammadiyah/Aisyiyah Tahunan. Dalam waktu kurang lebih 3 tahun, merencanakan pendirian Langgar dari kayu yang kemudian direhab menjadi Musholla dengan lantai tegel dan dinding tembok.
Kemudian setelah Musholla diresmikan, rencana selanjutnya mengenai pendidikan dengan mengkursuskan 4 orang kader untuk menjadi guru TK selama 15 hari, yang diadakan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah yang bertempat di rumah Bapak Mustajab. Setelah 4 kader tersebut yang terdiri dari : Bu Mi’ah Mardi, Bu Sumiyati, Bu Suminah dan Bu Arbainah sudah dikursuskan, maka putra/putri Aisyiyah yang berusia 4 – 5 tahun dikumpulkan di rumah Bapak Mashadi untuk dididik di TK yang saat itu merupakan satu-satunya TK yang ada di Desa Tahunan.
Bapak/Ibu kader Muhammadiyah/Aisyiyah Ranting Tahunan mulai mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk berjalannya kegiatan belajar mengajar di TK yang di mulai pada tanggal 21 April 1967 yang bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.
Selama kurang lebih 5 tahun TK berpindah-pindah tempat di 4 rumah warga, antara lain : 1. Dari rumah Bp. Mashadi ke rumah Bp. Sartono
2. Dari rumah Bp. Sartono ke rumah Bp. Wadi
3. Dari rumah Bp. Wadi ke rumah Bp. Baku
Barulah pada tahun 1972 TK menempati gedung TK sendiri yang ada di belakang Masjid Al-Istiqomah, Randusari Tahunan.
Berhubung jumlah muridnya dari tahun ke tahun bertambah banyak, maka pengurus Muhammadiyah/Aisyiyah Ranting Tahunan membentuk Komite Sekolah untuk perluasan gedung TK, maka setelah diadakan beberapa kali pertemuan disepakati gedung Pondok Pesantren dan Balai Latihan Kerja dialihkan fungsinya menjadi gedung TK dengan melengkapi berbagai fasilitas untuk KBM.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar